Minggu, 08 Oktober 2017

E-COMMERCE & E-BUSINESS



 Related image
E-COMMERCE 
Definisi
Secara sederhana istilah ini digunakan untuk menunjukkan pembelian dan penjualan menggunakan teknologi internet. Tetapi istilah E-Commerce itu sendiri bukan hanya sekedar transaksi keuangan secara elektronik melalui organisasi dan pelanggan saja melainkan juga merujuk pada semua mediasi transaksi secara elektronik antara organisasi dan pihak ketiga. Jadi dengan definisi ini permintaan pelanggan berupa informasi juga bisa disebut sebagai bagian dari E-Commerce. Dimana E-Commerce ini termasuk juga kedalam sebuah E-Business.
   
Kalakota dan Whinston (1997) mendefinisikan ECOMMERCE (EC) dari beberapa perspektif berikut :
-        Dari perspektif komunikasi, EC merupakan pengiriman informasi, produk/layanan, atau pembayaran melalui lini telepon, jaringan komputer atau sarana elektronik lainnya.
-       Dari perspektif proses bisnis, EC merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi dan aliran kerja perusahaan.Dari perspektif layanan, EC merupakan satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen dalam memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.
-       Dari perspektif online, EC kepasitas jual beli produk dan informasi di Internet dan jasa online lainnya.

Jenis-jenis
Macam-macam E-Commerce yang termasuk kedalam E-Business
-         Business-to-consument (B2C)
Penjual adalah organisasi/perusahaan dan pembeli adalah individual. Contohnya: Zalora, BerryBenka.
-         Business-to-business (B2B)
Penjual dan pembeli adalah organisasi/perusahaan. Contohnya: Binus University membeli TV dari Panasonic.
-         Business-to-employee (B2E)
Organisasi menggunakan E-Commerce secara internal untuk menyediakan informasi dan jasa kepada pegawainya.
-         Consument-to-consument (C2C)
Individu menjual produk atau jasa kepada individu yang lain. Contohnya: Bukalapak

Unsur-unsur E-Commerce :
-         Comunications
-         Business process
-         Service
-         Online
-         Collaboration
-         Community

Kelebihan :
-       E-Commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
-     E-Commerce memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan; mereka bisa memilih berbagai produk dan layanan dari banyak vendor.
-   E-Commerce menyediakan produkproduk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
-    Dalam beberapa kasus, khususnya pada produkproduk yang digitized, EC menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.
-       Pelanggan bisa menerima informasi relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggu.
-       Memungkinkan konsumen dalam mendapatkan produk dan jasa yang lebih murah, karena konsumen bisa berbelanja di banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
Kekurangan :
-         Ketergantungan yang sangat kuat pada teknologi infoemasi dan komunikasi.
-         Kurangnya undang-undang yang memadai untuk mengatur kegiatan e-commerce, baik nasional maupun internasional
-         Budaya pasar yang menolak perdagangan elektronik (pelanggan tidak bisa menyentuh atau mencoba produk)
-         Hilangnya privasi, cakupan wilayah, serta identitas dan perekonomian Negara
-         Rawannya melakukan transaksi bisnis online
-         Warna dan kualitas produk yang dijual belum tentu sama antara foto yang ditampilkan di website dengan produk asli

E-BUSINESS 
Definisi
Definisi EBusiness menurut IBM (http://www.ibm.com/e-business) adalah sebuah pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi untuk memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan sistem dan proses yang menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet. (Christoper Stoole. 2000. Ebusiness – Just What is It? http://ebusiness.about.com/industry). Menurut Departemen Perdagangan dan Industri UK, DTI 2000 menggambarkan EBusiness adalah integrasi penuh terhadap penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam operasional proses bisnis.

Secara umum, EBusiness adalah pertukaran informasi yang dimediasi secara elektronik didalam organisasi dan eksternal stakeholder untuk mendukung proses bisnis (E-Business and E-Commerce management, Dave Chaffey, 2007).
  
1.     EBusiness adalah aktifitas internal seperti proses produksi, manajemen inventaris, pengembangan produk, manajemen risiko, keuangan dan lain sebagainya.
2.    EBusiness adalah melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dll.
3.      EBusiness adalah mempertahankan pelanggan, pengembangan produk, dll

Unsur-unsur E-Business :
-         Pelaku bisnis
Diantaranya seperti Organisasi, produsen atau perusahaan, supplier, rekan bisnis, dan konsumen.
-         Alat, media atau sumber daya yang digunakan
Diantaranya seperti Teknologi informasi dan komunikasi (Komputer, internet dll).
-         Kegiatan dan sasarannya
Diantaranya seperti kegiatan dan proses bisnis (pelayanan, penjualan dan transaksi) serta operasi bisnis utama.
-         Tujuannya
Diantaranya seperti komunikasi, koordinasi, pengolahan organisasi, transformasi proses bisnis dan berbagi informasi.
-         Beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan
Diantaranya seperti pendekatan yang relatif aman, lebih fleksibel, efesien, peningkatan produktivitas, peningkatan keuntungan, bisnis yang terintegrasi dll.

Kelebihan :
-       Memungkinkan konsumen berbelanja atau melakukan transaksi lainnya setiap saat (24 jam sehari) dan dari hampir semua lokasi.
-         Memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan.
-      Memungkinkan konsumen dalam mendapatkan produk dan jasa yang lebih murah, karena konsumen bisa berbelanja di banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
-     Dalam beberapa kasus, terutama produk yang terdigitalisasi, EBisnis memungkinkan pengiriman produk secara cepat dan realtime.
-         Memungkinkan pelanggan untuk berpartisipasi dalam lelang virtual.
 Kekurangan :
-         Tidak adanya pertemuan secara langsung dengan konsumen maupun sebaliknya.
-         Beresiko terjadinya penipuan.

Perbedaan antara keduanya adalah sebagai berikut :
1.     E-Commerce adalah bagian dari E-Business. Jika Anda mengingat diagram Venn ketika belajar di sekolah, maka anda dapat dengan baik memahami apa saya sampaikan. Bagian yang satu adalah konsep yang sangat luas, sedangkan satunya hanyalah satu bagian kecil dari itu. Hubungan ini akan dihapus pada poin berikutnya.

2.      Kegiatan yang pada dasarnya melibatkan transaksi keuangan diistilahkan sebagai “E-Commerce”. Namun, EBusiness adalah istilah yang lebih luas. Ada banyak hal-hal lain selain menjual, meski pemasaran termasuk didalamnya, termasuk pengadaan bahan baku atau barang, pelanggan pendidikan, mencari supplier dan lain sebagainya.

3.    Untuk berjualan secara online adalah E-Commerce, namun untuk membawa dan mempertahankan pelanggan dan mendidik secara online tentang produk atau layanan termasuk E-Bisnis. Memiliki sebuah website untuk melakukan hal itu tidaklah cukup.

4.     Ketika Dell menjual komputer, laptop, monitor, printer, aksesoris dan lain sebagainya secara online, maka ini bukan lagi E-Commerce tetapi E-Bisnis. Bila pengunjung datang pada website, hal pertama yang ia lakukan adalah melihat desain website dan melakukan navigasi, serta hal-hal yang akan membantu dia menemukan apa yang dia inginkan.

5.      E-Commerce juga telah ditetapkan sebagai proses yang meliputi menarik pelanggan, pemasok dan mitra eksternal, sementara EBusiness meliputi internal seperti proses produksi, manajemen inventaris, pengembangan produk, manajemen risiko, keuangan dan lain sebagainya.

Secara keseluruhan, E-Commerce dapat digambarkan sebagai penggunaan internet dan Web untuk transaksi bisnis. Lebih formalnya, secara digital memungkinkan terjadinya transaksi komersial antara organisasi dan individu.

Di sisi lain, EBusiness dapat digambarkan sebagai proses digital yang memungkinkan proses transaksi dalam perusahaan, melibatkan sistem informasi di bawah kontrol yang kuat. Selain itu, aplikasi EBusiness bisa turun menjadi E-Commerce ketika sebuah pertukaran nilai terjadi.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar